Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Read more: http://amran06yamin.blogspot.com

Sunday, February 10, 2013

Pengembangan Kurikulum Pendidikan 2013


Pengembangan Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 akan menggantikan kurikulum yang berlaku sebelumnya. Pro dan kontra masih mewarnai proses rencana penerapan kurikulum 2013 ini. Menurut para ahli di bidang pengajaran bahwa dalam pengembangan kurikulum 2013 ini lebih membebaskan murid/siswa untuk memilih bidang studi yang dia sukai, siswa diberikan kebebasan untuk mempelajari/mengambil bidang mata pelajaran yang dia senangi seperti pada pembelajaran di kuliahan. Beberapa Perubahan di kurikulum 2013 yang cukup mendasar dalam pengembangan kurikulum 2013 adalah cara proses pembelajaran yang selama ini anak/siswa belajar dengan cara “diberi tahu” oleh guru bergeser kearah siswa “harus berusaha mencari tahu”. Siswa diajak untuk mengamati, observasi dan kemudian siswa mencoba untuk mempresentasikan apa yang dia amati tersebut, salh satunya adalah seperti itu. Hal ini tentunya berdampak sangat serius bagi anak /siswa yang malas dan tidak mau aktif dalam proses pembelajaran.

Saat ini draft kurikulum terbaru 2013 sedang dalam memasuki masa uji public yang diharapkan banyak masukan dari masyarakat dan para praktisi pendidikan. Di dalam draft pengembangan Kurikulum 2013 terbaru yang disusun oleh Kemendiknas, disana ada beberapa mata pelajaran wajib yang mengalami perubahan penambahan jam mata pelajaran. Jumlah jam pelajaran SMP yang semula 32 jam seminggu menjadi 38 jam dalam seminggu. Seperti Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam semula 4 jam menjadi 5 jam, Bahasa Indonesia menjadi 6 jam. Disamping itu ada juga mata pelajaran yang dihapus dari mata pelajaran wajib yaitu TIK, Olah raga dan Kesehatan serta Seni dan Budaya. Olahraga dan kesehatan yang semula menjadi pelajaran wajib dirubah menjadi pelajaran muatan lokal.
Untuk Lebih Lanjut-Nya Lengakap-Nya Pengembangan Kurikulum 2012 di sini DOWNLOAD
Salam

0 KOMENTAR

Post a Comment