Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

f4shared.com - Free file sharing and storage
Image and video hosting by TinyPic
Read more: http://amran06yamin.blogspot.com
Flag Counter

Saturday, March 9, 2013

4 Manfaat Blog dalam Dunia Pendidikan yang Sangat Penting

blogku Sebelumnya saya sendiri tidak pernah mendapatkan persyaratan harus memiliki blog saat kuliah dulu. Tapi sekarang adik-adik tingkat saya ternyata harus punya blog lo untuk mata kuliah Menulis. Soalnya kemarin saya dimintai sama mereka komentar di blognya. Tapi saya sendiri tidak tahu apakah mereka akan benar-benar menggunakan blog tersebut hingga kedepannya. Harapannya sih tetap mereka gunakan.

Jadi sebenarnya manfaat blog sendiri dalam dunia pendidikan itu apa?
Beberapa kali saya pernah membaca tentang manfaat menulis. Baik secara daring atau luring. Nah ngeblog kan kebanyakan menulis isinya. Meskipun tak jarang orang ngeblog isinya hanya foto atau video bahkan hanya suara. Tapi tetap tak bisa dipisahkan dari kegiatan menulis, setidaknya menuliskan judul foto, video, atau suara yang diposting di blog.
Ini dia manfaat blog versi Tips dan Trik Media Online untuk dunia pendidikan.
  1. Belajar tentunya menjadi kegiatan yang bisa memicu stress jika tidak diselingi dengan hal-hal yang lain. Nah jika belajarnya melalui blog, bisa jadi mengurangi tingkat stress tersebut dan menulis juga bisa jadi terapi ingatan. Membuat stress hilang dan ingatan jadi lebih tajam. Pernah baca kan kalo menulis itu bisa mengatasi kepikunan?

  2. Dengan blog, setiap orang dengan mudah bertukar informasi antara satu dengan yang lainnya. Sehingga informasi yang didapatkan juga lebih banyak dibandingkan dengan berdiskusi secara langsung di dalam kelompok-kelompok belajar. Informasi yang didapatkan juga tidak hanya dari teman-teman sekelas tapi juga dari kelas lain, bahkan dari sekolah yang lain. Itu jika blog memang diterapkan di semua sekolah di Indonesia.
  3. Dari tulisan seseorang sebenarnya kita bisa mengenali karakter seseorang. Kalau setiap siswa/mahasiswa memiliki blog tempat menampung gagasannya, guru atau dosen tentunya bisa memahami karakter anak didiknya. Begitu juga dengan siswa/mahasiswa sendiri bisa mengenali karakter guru atau dosennya. Meskipun tak sepenuhnya, setidaknya ada beberapa hal yang bisa jadi tidak mungkin bisa kita ketahui di kelas saat proses pembelajaran terjadi.

  4. Blog bisa menjadi ajang bertemunya tenaga pendidik dan anak didik di luar jam belajar. Kalau untuk bertemu satu-satu siswa secara langsung di luar kelas selain tidak memungkinkan, bisa jadi akan menimbulkan hal-hal yang kurang mengenakkan. Lain cerita kalau bertemunya di blog. Lebih bebas mengeluarkan pendapat dan mendengar pendapat orang lain. Bisa jadi banyak siswa/mahasiswa yang punya pendapat tapi tak tersalurkan di kelas. Blog akan menjadi wadah yang tepat untuk itu. Kedekatan bisa terbangun dengan sendirinya dan lebih menyenangkan.
Masih banyak lagi manfaat blog dalam dunia pendidikan yang bisa jadi luput dari perhatian saya. Tapi menurut saya 4 manfaat tersebut merupakan manfaat yang sangat besar dari blog untuk dunia pendidikan. Menurut kamu gimana?

0 KOMENTAR

Post a Comment